Selasa, 20 November 2012

Hairspray adalah perusak


Coba tengok botol parfum atau hair spray yang Anda gunakan, apakah produk tersebut menggunakan propellant aerosol atau tidak? Jika ya, sebaiknya jangan Anda gunakan karena produk itu bisa merusak lapisan ozon. Senyawa  kimia tersebut dapat menyebabkan lapisan ozon tidak lagi mampu melindungi bumi terhadap radiasi ultra violet (UV) dari matahari. Setiap 10 persen penipisan lapisan ozon akan menyebabkan kenaikan radiasi UV sebesar 20 persen.

Selain dapat merusak ozon, hairspray pun banyak menyebabkan bahaya pada kesehatan

1.      Kerusakan pada paru paru.  PVP / VA Copolymer Bahan ini berasal dari petroleum (minyak tanah) dan banyak digunakan di produk hairspray. Selain tergolong dalam kategori toxic, zat kimia ini juga mengandung partikel yang dapat merusak paru-paru. sebaiknya jangan menghirup terlalu dalam penggunaan hairspray aerosol atau saat pengaplikasian bedak tabur, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru.

2.      Tingkatkan diabetes .Phthalates ditemukan dalam berbagai produk kecantikan, termasuk hair spray, cat kuku, sabun dan sampo. "Phthalates dalam tubuh dapat mengganggu metabolisme gula darah," kata Tamarra James-Todd, peneliti dari Women's Hospital's Division of Women's Health di Brigham.

3.      Meningkatkan Resiko Kanker Para peneliti mengatakan bahwa beberapa laporan menunjukkan produk yang mengandung estrogen bisa mengakibatkan perkembangan seksual prematur pada bayi atau anak batita. Teorinya, estrogen di dalam produk ini masuk ke jaringan payudara entah saat usia dini atau saat si bayi masih di rahim. Begitu masuk dalam jaringan, estrogen bisa menstimulasi pertumbuhan payudara pada usia dini, hal yang kelak meningkatkan risiko kanker payudara.

4.      Hypospadia Hypospadia ialah kelainan bawaan lahir pada genitalia eksterna anak laki. Ibu hamil terancam risiko 2-3 kali lipat melahirkan bayi dengan kasus hypospadia jika terpapar bahan kimia dari "hairspray" terutama pada trimester pertama kehamilan

Sebaiknya hindari lah penggunaan hairspray karena banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan untuk bumi kita bahkan untuk tubuh kita sendiri.


Sumber

http://www.lovelytoday.com/trendlifestyle/2011/04/01/4258/tips-hindari-bahaya-penggunaan-kosmetik
http://health.detik.com/read/2012/07/18/082816/1967986/763/bahan-kimia-cat-kuku-dan-hair-spray-berisiko-tingkatkan-diabetes?l771108bc
http://www.tabloidbintang.com/gaya-hidup/kesehatan/54818-6-bahan-kimia-berbahaya-dalam-kosmetik.html
http://exotiqueethnict.blogspot.com/2011/05/bahaya-pemakaian-hairspray.html
http://healindonesia.com/2012/10/03/hairspray-meningkatkan-resiko-kanker/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar