Minggu, 19 Mei 2013

Bahaya Membakar Sampah


Sampah memang unik. Mengapa ? Karena dengan sampah kita bersahabat dan dengan sampah pula kita bisa berseteru. Sampah memang salah satu problem besar yang dihadapi dalam kehidupan dewasa ini. Membuang sampah di tempatnya memang baik, tetapi masih ada hal-hal yang kita perlu perhatikan setelah membuang sampah. Setidaknya, dalam setiap rumah tangga memproduksi 3 kg sampah tiap harinya. Dan dengan tujuan mengurangi tumpukan sampah tersebut, sebagian besar masyarakat baik di pedesaan maupun perkotaan memusnahkan sampah dengan cara dibakar.

Berikut ini tujuh fakta bahaya dari aktivitas membakar sampah:

1. Pada umumnya, terutama sampah dari rumah dibakar secara serampangan. Kegiatan ini akan menghasilkan karbomonoksida (CO) yang bila terhirup manusia dapat mengganggu fungsi kerja hemoglobin (sel darah merah) yang semestinya mengangkut dan mengedarkan oksigen (O2) ke seluruh tubuh. Kekurangan O2 ini bisa menimbulkan kematian. Sebagai gambaran kasar, satu ton sampah yang dibakar akan berpotensi menghasilkan gas CO sebanyak 30 kg.

2. Asap dari pembakaran sampah plastik akan menghasilkan senyawa kimia dioksin atau zat yang bisa digunakan sebagai herbisida (racun tumbuhan). Selain itu, proses tersebut juga dapat menghasilkan fosgen atau gas beracun berbahaya yang pernah digunakan sebagai senjata pembunuh pada masa Perang Dunia pertama.

3. Hasil pembakaran sampah yang mengandung klorin dapat menghasilkan 75 jenis zat beracun lain.

4. Asap dari pembakaran sampah mengandung benzopirena (gas beracun penyerang jantung) sebanyak 350 kali. Zat ini ditengarai sebagai biang keladi penyebab kanker dan hidrokarbon berbahaya (seperti asam cuka) penyebab iritasi.

5. Membakar kayu juga dapat menghasilkan senyawa yang mengakibatkan kanker. Sedangkan melamin dapat menghasilkan formaldehida (formalin) bila dibakar dengan suplai oksigen yang banyak atau HCN (asam sianida) bila kurang oksigen.

6. Pembakaran sampah di area terbuka dapat menghasilkan partikel debu halus atau Particulate Matter (PM) yang mencapai level PM 10 (10 mikron). Dengan tingkatan tersebut, zat ini tidak dapat disaring oleh alat pernapasan manusia, sehingga bisa masuk ke paru-paru dan mengakibatkan gangguan pernapasan.

7. Pembakaran sampah dapat menyebabkan kabut asap yang tebal dan mengurangi jarak pandang dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggal. Yang lebih parah, bisa memicu terjadinya kebakaran dengan skala lebih besar. Kita tentu masih ingat terjadinya kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan yang menyebabkan kapal laut menabrak tebing dan menghentikan aktivitas penerbangan komersial di beberapa bandara.

http://gitabiology.blogspot.com/2012/12/pengelolaan-sampah.html
http://www.ngeblognews.com/2012/09/inilah-7-fakta-bahaya-membakar-sampah.html
http://www.hdindonesia.com/pojok/bahaya-membakar-sampah
http://www.oktomagazine.com/oktolifestyle/health/5654/membakar.sampah.berimbas.pada.kesehatan
http://thisis-myplanet.blogspot.com/2011/01/bahaya-membakar-sampah.html
http://sanitasi.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1202:7-fakta-bahaya-bakar-sampah&catid=53:kliping&Itemid=124



Tidak ada komentar:

Posting Komentar