Senin, 08 April 2013

Televisi Mampu Merubah Mental Mayarakat


Hampir semua manusia di bumi ini pernah menonton televisi dirumah masing-masing atau bahkan menontonnya di tempat umum, misalnya saja di ruang tunggu disediakan televisi. Televisi merupakan salah satu hiburan untuk masyarakat pada umumnya, karena disiarkan berbagai macam acara televisi yang dapat mengisi waktu luang kita. Adapun memang hiburan yang lain, seperti radio namun televisi lebih unggul karena bisa menampilkan objek gambar beserta suara, karena radio hanya bisa menghasilkan suara, sehingga orang pun lebih memilih menonton televisi ketimbang mendengarkan radio.

Televisi merupakan sarana informasi yang sangat cepat penyebarannya melalui acara-acaranya, misalnya saja acara berita. Banyak sekali acara yang ditampilkan di layar televisi selama seharian penuh, sehingga tidak sedikit orang yang menghabiskan waktu nya hanya depan televisi saja. Dan sekarang pun semakin banyak stasiun televisi swasta yang bermunculan. sehingga semakin banyak pula pilihan acara yang di tampilkan di layar televisi.

Acara televisi pun sudah semakin banyak jenisnya baik untuk anak-anak, remaja, dewasa ataupun orang tua. Untuk anak di suguhkan dengan acara kartun, untuk remaja di suguhkan acara-acara seri mini kisah-kisa remaja, dan lain-lain. Semakin banyaknya acara televisi yang mengisi hari anda, semakin banyak pula waktu yang terbuang sia-sia hanya untuk duduk di depan televisi untuk menonton acara-acara tersebut, banyak tugas yang lebih penting terlalaikan.

Namun dampak dari televisi tidak hanya itu saja, masih banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari televisi.

Kadang anak-anak menonton televisi tidak didampingi oleh orang tua, sehingga anak-anak pun bebas memilih apa yang akan dia tonton. sekarang acara televisi sudah banyak yang tidak baik. Semakin banyak acara-acara televisi yang mempertontonkan kekerasan, dan pergaulan yang tidak baik. sehingga anak akan mencernanya di dalam otak bahwa kekerasan ataupun pergaulan yang tidak baik pun merupakan bukan hal yang tabu lagi. Bagi untuk usia remaja, acara-acara televisi memepertontonkan gaya kehidupan budaya asing. Banyak remaja yang meniru gaya hidup ataupun bahkan gaya berpakaian orang barat. Budaya timur pun sekarang sudah semakin hilang. Hal ini sungguh berpengaruh negatif terhadap penerus masa depan.

Sebaiknya, kita harus membatasi penggunaan televisi sebagai sarana hiburan. karena banyak acara televisi yang sudah tidak mendidik atau bahkan merusak mental masyarakat kita karena tontonan yang tidak baik.

http://www.poskita.com/televisi-mampu-merubah-mental-mayarakat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar