Selasa, 18 Desember 2012

Industri Pasta Gigi di Indonesia


Industri pasta gigi di Indonesia berkembang cukup pesat dalam tiga tahun terakhir daya beli masyarakat yang meningkat dan kesadaran akan perawatan gigi yang meningkat.
Sebagai komoditi yang digunakan masyarakat luas, produksi pasta gigi ikut tumbuh seiring dengan pertumbuhan penduduk.
Menurut data dari Kementrian Perindustrian, kapasitas industri pasta gigi mengalami perkembangan cukup pesat dalam tiga tahun terakhir hingga tahun 2010. Kapasitas produksi pada tahun 2007 masih sebesar 50.000 ton per tahun. Kapasitas ini tumbuh hingga menjadi 92.000 ton per tahun pada tahun 2010.
Pemain utama dalam industri ini adalah PT Unilever, Tbk ; PT Ultra Prima Abadi; PT Lion Wings; PT Enzym Bioteknologi Internusa; PT Filma Utama Soap; dan PT Miswak Utama.

Ekspor 
Produksi pasta gigi nasional tidak hanya dipasok ke pasar domestik. Pasar luar negeri juga menjadi target para pemain industri ini. 
Prospek ekspor pasta gigi pun cukup cerah, terlihat dari pertumbuhan volume ekspornya dalam 3 tahun terakhir. Pertumbuhan ekspor ini terjadi setelah pada tahun 2006 dan 2007 mengalami penurunan. Volume ekspor rata-rata pada kurun 2005 hingga 2010 adalah 6.703 ton per tahun.
Pasar ekspor pasta gigi utamanya adalah negara di Asean seperti Malaysia, Singapura, serta Phillipine. Disamping itu, negara-negara di Afrika seperti Uganda dan kenya juga merupakan tujuan utama ekspor pasta gigi. 

Impor per negara 
Impor pasta gigi berasal dari sejumlah negara dari kawasan Asia dan Eropa. Diantara sejumlah negara tersebut yang menjadi negara asal impor utama adalah Thailand dan Malaysia.
Negara Eropa yang menjadi sumber impor diantaranya adalah Belanda, Jerman, dan Swedia. Di luar negara-negara tersebut terdapat juga Amerika Serikat yang selalu ada sebagai salah satu sumber impor komoditi ini.

Pertumbuhan konsumsi diperkirakan masih akan terus terjadi di tahun-tahun mendatang. Dua faktor utama pendorong konsumsi adalah pertumbuhan penduduk dan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk merawat kesehatan gigi....

 Sumber : http://www.datacon.co.id/Toiletries-2011PastaGigi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar