Rabu, 19 Desember 2012

Perlukah Gadget Untuk Anak


Di zaman serba canggih belakangan ini, memang penting untuk mengenalkan gadgetpada anak di usia dini. Akan tetapi, seringkali orang tua tidak memahami bahwa sebenarnya gadget yang Anda berikan hanya akan berdampak positif dan fungsional apabila digunakan sesuai dengan usia anak.



Sebuah penelitian terbaru dari Cashinyourgadgets.co.uk dan seperti yang dikutip melalui FemaleFirst, adalah sebuah situs Cashinyourgadgets.co.uk, yang menyediakan layanan jual gadget (membeli gadget lama para pengguna), mereka menemukan bahwa 13 persen orangtua membelikan sebauh gadget pertama untuk anak yang berumur di bawah 10 tahun, dan 45 persen orangtua membelikan anak gadget ketika mereka berumur 13 tahun ke atas.



Sebelum memberikan anak sebuah gadget, sebaiknya orang tua mendiskusikan hal ini dahulu dengan anak tersebut tentang alasan mereka menginginkan gadget sekelas tablet. Mungkin tak ada salahnya apabila ada sebagian orang tua yang membekali anaknya dengan ponsel murah yang hanya berfungsi untuk telfon dan sms saja. Terlebih untuk penggunaan sesekali atau ketika keadaan darurat. Namun jangan lupa pula bagi para orang tua untuk mempertimbangkan agar tidak memberikan tablet dan smartphone pada anak dikarenakan ganasnya dunia maya. Karena apabila anak dibekali dengan smartphone atau tablet, tentu saja mereka dapat dengan leluasa surfing di internet tanpa arahan dari orang tua.


Salah satu hal yang membuat gadget menjadi benda yang perlu diwaspadai oleh orang tua adalah Gadget sebagai peranti yang berkaitan dengan perkembangan teknologi masa kini. Yang termasuk gadget misalnya telefon seluler cerdas, komputer tablet, netbook, MP3 player, e-book reader dan sebagainya.


Meskipun gadget bukan bagian interaksi sosial, tetapi fitur menarik yang ditawarkan sering kali membuat anak cepat akrab dengannya. Dan suguhan koneksi internetnya yang semakin mudah. Ya, bisa diketahui, jaringan internet mampu menghubungkan siapapun ke dunia informasi tanpa batas. Dan sangat tidak bijak jika pada kenyataannya, penggunaannya untuk anak-anak tidak dibarengi dengan pengawasan orang tua.


Untuk usia anak di bawah 5 tahun, pemberian gadget sebaiknya hanya seputar pengenalan warna, bentuk, dan suara. Dengan kata lain, jangan terlalu banyak memberikan kesempatan bermain gadget pada anak di bawah 5 tahun. Terlebih di usia tersebut yang utama bukan gadget-nya tetapi fungsi orang tua. Jadi perangkat ini hanyalah sebagai salah satu sarana untuk mengedukasi anak.


Pada saat bermain gadget, anak akan merasakan kesenangan sehingga memicu meningkatnya hormon endorfin. Nah, kecanduan berhubungan dengan ini jika dilakukan dalam jangka waktu lama dan kontinu

Perlu juga digarisbawahi adalah pentingnya dibuat kesepakatan antara orangtua dan anak atas penggunan gadget. Apa yang disepakati bersama, kapan kesepakatan itu dimulai, dimana saja gadget akan digunakan, siapa saja yang menggunakan, dan bagaimana jika kesepakatan itu dilanggar. Jangan ragu memberikan reward (hadiah) jika anak-anak bersedia mengikuti aturan main. Namun jika ternyata terbukti melanggar, "berikan punishment {hukuman} yang sifatnya membatasi kesenangannya

Satu hal yang sebaiknya mama lakukan adalah aktif mengalihkan perhatian si kecil dari gadgetnya

Sumber :
http://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/kenalkan-gadget-ke-anak-chantal-della-concetta-berikan-filter-7bc9d0.html
http://obraytech.wordpress.com/2012/12/19/%EF%BB%BFketahui-usia-ideal-untuk-mengenalkan-gadget-pada-anak-anak/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar